top of page

Bagaimana KnowBe4 Security Awareness Training Dapat Mencegah Ransomware: Studi Kasus dan Data

Dalam era digital yang semakin maju dan berkembang saat ini, ancaman ransomware telah menjadi salah satu tantangan terbesar bagi keamanan siber. Meningkatnya ancaman ransomware yang kian kompleks dan merusak, penting bagi setiap perusahaan untuk memiliki strategi pencegahan yang efektif. Untuk menghadapi ancaman ini, perlindungan yang efektif dan strategi pencegahan yang cerdas sangatlah penting. 


Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang studi kasus dan data yang menunjukkan efektivitas KnowBe4 Security Awareness Training (SAT) dalam meningkatkan kewaspadaan dan kesiap-siagaan karyawan Anda terhadap serangan cyber.


Ilustrasi KnowBe4 Security Awareness Training

Apa itu KnowBe4 Security Awareness Training

KnowBe4 menyediakan solusi Security Awareness Training yang berfokus pada pengenalan dan mitigasi ancaman phising serta serangan cyber lainnya, termasuk ransomware. KnowBe4 Security Awareness Training adalah platform pelatihan keamanan siber yang dirancang untuk membantu organisasi melatih karyawan mereka tentang ancaman siber.


Fitur-Fitur KnowBe4 Security Awareness Training

1. Penggunaan Yang Tak Terbatas

KnowBe4 Security Awareness Training memberikan Anda akses ke dalam perpustakaan konten yang berisi lebih dari 1.300 item konten. Anda juga dapat mengakses ke semua fitur phishing dengan lisensi yang fleksibel. Kelebihan pada fitur ini juga, KnowBe4 selalu memperbarui fitur-fiturnya dengan fitur yang lebih inovatif secara berkala.


2. Kostumisasi yang Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan

Anda dapat mengatur default bahasa di tiga lokalisasi yaitu: Phishing, Pelatihan, dan Bahasa Konsol untuk Admin. Dengan opsi lokalisasi ini, Anda dapat memungkinkan Admin perusahaan Anda mengelola konsol KnowBe4, sembari memberikan pengalaman pelatihan yang lebih mendalam bagi peserta pelatihan dalam lebih dari 35 bahasa.


3. Phishing Berbasis AI dan Rekomendasi Pelatihan

KnowBe4 Security Awareness Training memanfaatkan kekuatan AI untuk memberikan pengalaman yang lebih personal kepada karyawan dengan menyelaraskan tingkat pengetahuan mereka saat ini. Fitur ini dapat secara otomatis memilih template phishing yang terbaik bagi setiap karyawan Anda, berdasarkan riwayat pelatihan mereka. Dengan rekomendasi pelatihan yang didukung AI, KnowBe4 menyajikan konten pelatihan yang disesuaikan dengan persentase kerentanan ancaman phishing di seluruh perusahaan Anda.


4. Call Phishing

Sebagai admin, Anda dapat menggunakan fitur Callback Phishing yang baru di konsol KnowBe4 dan menjalankan simulasi phising campaign untuk melihat apakah karyawan Anda akan terjebak dalam trik ini atau tidak.


Cara kerjanya yaitu memasukkan email ke kontak mereka yang berisi nomor telepon dan kode. Jika mereka menelepon nomor tersebut, mereka akan diminta untuk memasukkan kode. Namun, inilah letak jebakannya, dengan memasukkan kode tersebut, karyawan Anda dinyatakan gagal. Terlebih lagi jika karyawan Anda memberikan informasi pribadi dan sensitif.



Studi Kasus dan Data: Implementasi KnowBe4 Security Awareness Training Dalam Berbagai Industri

1. Software Manufacturer

Seorang produsen software terkemuka dan penyedia SaaS, kini sedang memperkuat keamanan sibernya dengan simulasi tes phishing dan Security Awareness Training dari KnowBe4. Grup perusahaan yang aktif secara global ini memiliki lebih dari 12 anak perusahaan dan total lebih dari 400 karyawan. 


Terdapat lebih dari 50% karyawan mereka merespons positif tentang pelatihan dari KnowBe4. Hal ini menunjukkan tingkat keterlibatan karyawan yang baik dan dapat ditingkatkan di masa depan. Selain itu, kesempatan untuk memberika feedback mendetail tentang laporan serangan phishing tidak hanya mengubah persepsi karyawan tentang kerentanan keamanan, tetapi juga mengungkapkan kelemahan dalam kebijakan dan sistem keamanan cyber di seluruh perusahaan mereka.


2. Education

Randy Moore seorang IT Profesional Universitas Oklahoma (OU) yang mengelola pelatihan, pendidikan, dan kesadaran keamanan IT untuk Universitas Oklahoma. Moore bertanggung jawab untuk menyebar luaskan konten Security Awareness Training kepada 4.000 dosen, 8.000 staf dan 36.000 mahasiswa, total hampir 50.000 orang.


Beragam konten yang tersedia di KnowBe4 memudahkan Moore untuk menyesuaikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing audiens, baik dosen, staf maupun mahasiswa. Moore telah memberikan pelatihan khusus berdasarkan peran pekerjaan kepada dosen dan staf dan menyediakan pelajaran umum tentang rekayasa sosial kepada mahasiswa, yang dipadukan dengan persyaratan untukk penggunaan yang penting. Moore mengapresiasi manajer KnowBe4 yang memberikan saran ahli tentang konten pelatihan mana yang paling efektif untuk masing-masing kebutuhan audiens.


KnowBe4 Security Awareness Training memberikan beragam manfaat dari pendekatan yang lebih personal sehingga memberikan umpan balik positif. Berdasarkan respon positif tersebut, Moore dapat menjaga semangat dosen, staf ataupun mahasiswanya tetap aware terhadap ancaman cyber, dengan harapan bisa menyadarkan semua orang agar tertarik menjadi bagian dari tim yang sadar akan pentingnya melindungi Universitas Oklahoma dari serangan cyber.


3. Bank/Finance

Bank Martha’s Vineyard, saat ini sedang berfokus dan memprioritaskan karyawannya untuk meningkatkan kesadaran akan serangan cyber. John Shorrock seorang Manajer Pelatihan dan Pengembangan Bank Martha’s Vineyard, telah lama menjadi pendukung pendekatan KnowBe4 dalam kesadaran ancaman cyber. Sebagai salah satu pelanggan tertua KnowBe4, Shorrock sudah memahami sejak awal betapa pentingnya Security Awareness Training dalam melindungi karyawan dan bisnis secara keseluruhan dari ancaman cyber yang terus berkembang.


Shorrock mengatakan bahwa dia melihat hanya minoritas dari karyawannya yang gagal setelah mengikuti Security Awareness Training dibandingkan ketika dia pertama kali memulai pelatihan ini bertahun-tahun yang lalu. Karyawan mereka bahkan telah melaporkan email phishing sungguhan dan potensi masalah serangan cyber lebih cepat dari biasanya, sehingga staf IT dapat segera turun tangan dan mencegah kerusakan serius sebelum semakin fatal. Security Awareness Training telah membantu perusahaan untuk fokus mengintegrasikan keamanan cyber kepada setiap karyawan di 10 lokasi Martha’s Vineyard Bank.


Kesimpulan

Dalam menghadapi ancaman ransomware yang semakin kompleks, menuntut pendekatan proaktif dan efektif dalam pencegahannya. Pada studi kasus dan data yang telah sama-sama kita simak dapat disimpulkan bahwa KnowBe4 melalui Security Awareness Training dan simulasi keamanan cyber bisa memberikan solusi yang signifikan dalam melawan serangan ransomware.


Dengan membekali karyawan Anda dengan pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk mengenali dan menghadapi ancaman, perusahaan tidak hanya dapat memperuat pertahanan keamanan tetapi juga mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh serangan cyber yang semakin canggih.


Netmarks Indonesia, sebagai partner KnowBe4 dapat menjadi solusi bagi Anda dalam mengimplementasikan seluruh kebutuhan dalam pelatihan keamanan siber karyawan perusahaan Anda. Hubungi kami di marketing@netmarks.co.id  atau dengan cara klik tombol dibawah ini untuk informasi mengenai Security Awareness Training lebih lanjut.



Sumber:




13 views0 comments

Comments


bottom of page