top of page

Buat Aplikasi dan Website Lebih Mudah Dengan AWS Lightsail

Dengan meningkatnya kebutuhan untuk membangun aplikasi dan website yang efisien, aman, dan cepat semakin meningkat. AWS Lightsail hadir sebagai solusi yang ideal bagi pengembang, pemula, hingga perusahaan kecil yang membutuhkan infrastruktur cloud tanpa harus terjebak dalam kompleksitas teknis yang seringkali membingungkan.


Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana AWS Lightsail bisa membantu Anda dalam membangun dan mengelola aplikasi serta website dengan lebih mudah dan efektif.

Banner artikel AWS Lightsail

Apa itu AWS Lightsail?

AWS Lightsail merupakan layanan cloud dari Amazon Web Services yang dirancang untuk memberikan pengalaman hosting yang sederhana dan terjangkau. Dengan Lightsail, Anda bisa mengakses segala yang Anda butuhkan untuk memulai aplikasi atau website Anda, mulai dari server virtual, penyimpanan, manajemen DNS, hingga IP statis. Yang membedakan Lightsail dari layanan AWS lainnya adalah kemudahan penggunaannya, sehingga sangat cocok untuk pemula yang ingin menghindari kompleksitas infrastruktur AWS yang lebih besar seperti EC2 atau S3.


Mengapa Memilih AWS Lightsail?

Amazon Lightsail menyediakan sumber daya cloud yang mudah digunakan untuk mengaktifkan dan menjalankan aplikasi web atau situs web Anda hanya dalam beberapa klik saja. Lightsail menawarkan layanan yang disederhanakan seperti instance, container, database, storage, dan banyak lagi. Dengan Lightsail, Anda dapat dengan mudah menjalankan situs web atau aplikasi menggunakan blueprint yang telah dikonfigurasi sebelumnya seperti WordPress, Prestashop, atau LAMP.


Anda dapat menggunakan fitur Lightsail untuk meng-host konten yang bersifat statis, menghubungkan konten Anda ke audiens dimanapun mereka berada, atau mengaktifkan dan menjalankan server Windows Business perusahaan Anda.


Selain itu, cloud yang dikembangkan oleh Amazon ini juga telah mendukung berbagai operating system seperti Amazon Linux, Ubuntu, Debian, Opensuse, dan masih banyak lagi seperti gambar dibawah.

Supporting OS Untuk AWS Lightsail
OS yang Support di AWS Lightsail

Fitur Utama AWS Lightsail

Terdapat beberapa fitur yang dimiliki Amazon Lightsail, diantaranya adalah:


Instance

Lightsail menawarkan virtual private server (instance) yang mudah diatur dan didukung oleh kekuatan dan keandalan terbaik. AWS Lightsail ini dapat diandalkan untuk meluncurkan situs web, aplikasi web, atau proyek dalam hitungan menit, dan mengelola instance Anda dari konsol Lightsail yang intuitif.


Container

Dengan AWS Lightsail, Anda dapat menjalankan dan akses aplikasi kontainer dengan aman di cloud kontainer adalah unit standar perangkat lunak yang membuat paket kode dan dependensi bersama-sama sehingga aplikasi berjalan dengan cepat dan andal dari satu lingkungan komputasi ke lingkungan komputasi yang lain.


Load Balancer

Rutekan lalu lintas web di seluruh instans Anda sehingga situs web dan aplikasi Anda dapat mengakomodasi variasi lalu lintas, terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan, dan memberikan pengalaman pengunjung yang mulus tanpa kendala.


Manajemen Database yang Mudah

Lightsail menawarkan paket database My SQL atau SQL Postgre yang sepenuhnya dikonfigurasi yang mencakup memori, pemrosesan, penyimpanan, dan tunjangan transfer. Dengan database yang dikelola Lightsail, Anda dapat dengan mudah menskalakan database Anda secara independen dari server virtual Anda, meningkatkan ketersediaan aplikasi, atau menjalankan database mandiri di cloud.


Akses ke Banyak Layanan AWS

Lightsail menggunakan serangkaian fitur luar biasa seperti instance, managed database, dan load balancer untuk memudahkan memulai. Tetapi itu tidak berarti Anda terbatas pada opsi tersebut. Anda dapat mengintegrasikan proyek Lightsail Anda dengan beberapa dari 90+ layanan lain melalui fitur peering milik Amazon Web Services.



Distribusi CDN

Lightsail memungkinkan distribusi jaringan pengiriman konten CDN (), yang dibangun di atas infrastruktur yang sama dengan Amazon. CloudFront Anda dapat dengan mudah mendistribusikan konten Anda ke audiens global dengan menyiapkan server proxy di seluruh dunia, sehingga pengguna Anda dapat mengakses situs web Anda secara geografis lebih dekat dengan mereka, sehingga mengurangi latensi.


Penyimpanan Blok dan Objek

Amazon Lightsail menawarkan penyimpanan blok dan objek, dengan ini Anda dapat menskalakan penyimpanan Anda dengan cepat dan mudah dengan penyimpanan didukung SSD yang selalu tersedia untuk server virtual Linux atau Windows.

Dengan bucket storage Lightsail Object, Anda bisa menyimpan dan mengambil objek, kapan saja, dari mana saja di internet. Anda juga dapat meng-host konten statis di cloud kapanpun itu dibutuhkan.


Amazon Lightsail Cocok Untuk Bisnis Seperti Apa?

Lightsail cocok untuk semua orang. Anda dapat memilih image untuk instance Lightsail yang langsung memulai proyek Anda sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menginstal perangkat lunak atau framework.


Lightsail memiliki image dengan sistem operasi dasar, tumpukan pengembangan seperti LAMP, LEMP (Nginx), dan SQL Server Express, dan aplikasi seperti WordPress, Drupal, dan Magento.

Kesimpulan

Dengan adanya AWS atau Amazon Lightsail, pengguna dapat memiliki virtual private server dengan harga yang tidak terlalu mahal sehingga cocok untuk bisnis menengah. Dengan fitur-fitur yang dirancang untuk kesederhanaan dan biaya yang terjangkau dibandingkan dengan EC2 maupun S3.


Lightsail memberikan kekuatan cloud AWS tanpa kerumitan teknis yang seringkali cukup sulit untuk diadaptasi oleh orang yang masih awam. Apakah Anda seorang developer pemula atau pemilik bisnis kecil, AWS Lightsail dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan digital Anda dengan lebih cepat dan lebih efisien.


Netmarks Indonesia, sebagai select partner AWS dapat menjadi solusi partner Anda dalam mengimplementasikan seluruh kebutuhan AWS apapun bidang perusahaan Anda. Oleh karenanya, hubungi kami segeri di marketing@netmarks.co.id atau dengan klik kontak dibawah untuk informasi mengenai cloud lebih lanjut.



Sumber:

Comments


bottom of page