top of page

Lindungi Sistem OT Anda Dengan Platform Fortinet OT Security

Apapun industrinya, baik itu industri manufaktur, telekomunikasi, kesehatan, warehouse, dan lainnya, sebagian besar lingkungan operational technology (OT) sekarang menggabungkan campuran sistem cyber-physical (CPS), Internet of Things (IoT), Industrial IoT (IIoT), dan sejenisnya.


Sistem-sistem ini memiliki beberapa kesamaan. Pertama, mereka semakin terhubung secara digital ke jaringan IT dan/atau Internet. Selanjutnya, sebagian besar kini dipantau dan dikelola dari jarak jauh. Terakhir, karakteristik yang menentukan dari sistem tersebut adalah bahwa mereka berinteraksi langsung dengan dunia fisik, termasuk lingkungan yang rentan terkena serangan siber atau infrastruktur penting. Dan karena semakin banyak perangkat yang terhubung ke sistem ini, kemungkinan serangan menjadi lebih luas dan lebih rentan.


Pada artikel ini, kami akan membahas Apa itu keaman OT, serta solusi-solusi yang dimiliki Fortinet untuk menjaga OT dari ancaman yang terus meluas.


Headline Blog Fortinet OT Security

Apa itu OT Security

OT atau Operational Technology yang merupakan termasuk juga ICS (industrial control system), dan SCADA (supervisory control and data acquisition) adalah sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk memantau dan/atau mengontrol perangkat fisik, proses, dan peristiwa yang digunakan dalam segmen produksi dan operasi bisnis dan organisasi, termasuk infrastruktur kritis


ICS, sebagai bagian dari OT, bertanggung jawab untuk mengendalikan perangkat-perangkat industri dalam proses produksi. Sistem ini memungkinkan pengawasan dan pengendalian yang terpusat, memastikan bahwa operasi berjalan dengan lancar dan efisien. Di sisi lain, SCADA berperan sebagai antarmuka antara pengguna dan sistem kontrol, memungkinkan pengawasan real-time dan pengambilan keputusan berdasarkan data yang terkumpul.


Dengan demikian, OT, ICS, dan SCADA tidak hanya merupakan teknologi yang mengotomatisasi proses industri, tetapi juga merupakan fondasi yang mendukung operasional bisnis dan infrastruktur kritis. Keberhasilan implementasi dan pengelolaan sistem OT akan memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi, keandalan, dan keamanan operasi organisasi secara keseluruhan.


Kesinambungan Antara IT dan OT

Seperti halnya jaringan IT, agar tetap aman, jaringan dan keamanan OT perlu terus dikembangkan dengan cepat untuk mengimbangi ancaman baru dan arus perubahan teknologi, terutama kebutuhan untuk menghubungkan setiap perangkat dengan baik.


Secara konvensional, OT tidak memiliki sistem keamanan yang memadai, karena semuanya tertutup dan tidak ada yang terhubung ke sistem eksternal seperti jaringan internet. Namun, pendekatan ini telah berubah dengan cepat selama lima tahun terakhir, menghasilkan lingkungan OT yang lebih gesit dan lebih responsif dan meningkatkan risiko.

Data Serangan OT dan Serangan Siber

Data terbaru dari bankinfosecurity.asia menemukan data mencengangkan bahwa Indonesia pada tahun 2023 menjadi negara yang mengalami serangan siber se-Asia Tenggara serta sebanyak 3.300 terjadinya serangan siber setiap minggunya. Hal ini tentu sangat miris karena negara tetangga kita, seperti Malaysia dan Singapura rerata diserang hanya sebesar 1.233 insiden pertahunnya.

Data Serangan Ransomware yang Menyerang Industrial Pada Tahun 2023
Sumber: darkreading

Selain itu juga, data dari darkreading mengemukakan bahwa pada tahun yang sama, industri yang paling banyak terkena serang siber adalah sektor industrial dan sistem OT mereka sebesar 54%. telah terjadi serangan ransomware yang menyebabkan terhambatnya operasional sistem OT yang mereka miliki.



Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Platform OT Security?

Platform keamanan OT perlu mengamankan perangkat, jaringan, dan aplikasi. Tetapi ada juga beberapa persyaratan unik tambahan di seluruh platform keamanan OT yang perlu diperhatikan, misalnya:


Perangkat Jaringan yang Tangguh

Platform OT harus mencakup berbagai faktor bentuk yang kokoh untuk bertahan dalam kondisi lingkungan apapun. Selain itu, platform OT juga perlu memiliki tingkat keamanan yang tinggi untuk melindungi data dan sistem yang dioperasikannya.


OT Agent

Alat yang terintegrasi dan dibuat khusus harus dirancang untuk berjalan, memantau, dan mendukung sistem khusus OT, termasuk ICS. Dengan adanya alat yang terintegrasi, sistem OT dapat berjalan secara optimal, memantau berbagai parameter kritis, dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk menjaga keamanan dan kinerja sistem secara keseluruhan.


Akses Jarak Jauh yang Aman

Platform OT yang efektif memastikan bahwa pengguna dan perangkat OT dapat terhubung dengan aman ke perangkat yang terhubung dan sistem eksternal, termasuk mendukung zero-trust controls.


Solusi Platform OT Security Dari Fortinet

Platform keamanan OT perlu melindungi perangkat, akses karyawan & supply chain, akses aplikasi, konfigurasi IT & OT, dan terintegrasi ke dalam ekosistem yang lebih luas lagi. Berikut beberapa penjelasan platform keamanan OT yang dimiliki Fortinet.

Solusi-solusi OT Security dari Fortinet
Solusi OT Security Fortinet

Secure Networking

Tentu, area OT yang akan paling terlihat adalah keamanan jaringan pada OT itu sendiri yang memungkinkan sistem OT dapat terhubung dengan dunia luar. Beberapa dari environment ini cukup berat sehingga Fortinet menawarkan berbagai macam Firewall, switch, access point, dan 5G extender sebagai solusi keamanannya. Solusinya diantara lain adalah FortiGate, FortiSRA, FortiNAC, FortiExtender, FortiAP, hingga FortiSwitch.


SASE yang Terintegrasi

Di dunia saat ini di mana semakin banyak perangkat terhubung ke aplikasi cloud, sangat penting untuk memastikan keamanan aplikasi-aplikasi tersebut. Selain itu, beberapa sites mungkin tidak mampu menyediakan tumpukan keamanan lengkap, itulah mengapa FortiSASE hadir untuk memberikan keamanan cloud daripada hanya mengandalkan perangkat itu sendiri. Solusi Fortinet ini, seperti FortiSASE, FortiPAM, FortiClient, FortiClientEMS, dan lain sebagainya.


Security Operations

Sebagian besar IT Information Security System kurang mendalami bagaimana lingkungan OT, Mereka dirancang pada dasarnya untuk memahami perangkat dan interaksi dengan dunia fisik. Fortinet telah menambahkan modul OT khusus untuk produk IT SecOps agar dapat bekerja di lingkungan OT agar dapat beradaptasi dengan lingkungan OT. Solusi yang ditawarkan Fortinet pun cukup beragam, seperti FortiSOAR, FortiSIEM, FortiManager, FortiAnalyzer, dan masih banyak lagi.


Fortinet OT Security Service

Semakin penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan setiap perangkat yang diperlukan untuk mengoperasikan keamanan OT, apa yang dilakukannya, bagaimana perangkat tersebut terhubung, dan dengan siapa perangkat tersebut dapat berkomunikasi, FortiGuard menjadi solusi komprehensif dan dapat diandalkan untuk mengamankan OT dan segala isinya. Hal ini mencakup OT Security, OT Virtual Patching, OT Device Detection, dan lainnya.


Kesimpulan

Keamanan OT (Operational Technology) kini menjadi sangat penting, mengingat semakin terhubungnya sistem OT dengan jaringan IT dan internet. Sistem seperti ICS dan SCADA yang mengotomatiskan proses industri kini menghadapi risiko serangan siber yang semakin meningkat.


Oleh karenanya, solusi OT Security dari Fortinet merupakan jawabannya, karena Fortinet menawarkan solusi keamanan OT yang dirancang untuk dapat melindungi infrastruktur kritis dari ancaman siber yang terus berkembang.


Sebagai partner level Asia Pasific (APAC), PT Netmarks Indonesia siap untuk membantu Anda untuk menjaga keamanan sistem OT yang dimiliki oleh industri Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di marketing@netmarks.co.id atau dengan klik tombol dibawah.





Sumber



Comments


bottom of page