top of page

Sederhanakan Keamanan Jaringan Dengan Fortinet Secure SD-WAN

Saat ini perusahaan sangat membutuhkan solusi jaringan yang efisien, aman, dan mudah dikelola. Dengan adanya kebutuhan tersebut, Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN) menjadi solusi tepat yang dibutuhkan oleh perusahaan manapun untuk mendukung perkembangannya. Salah satu penyedia solusi SD-WAN terbaik di kelasnya adalah Fortinet. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana SD-WAN Fortinet dapat mengoptimalkan dan mengamankan jaringan perusahaan dan mengapa solusi ini menjadi pilihan yang menguntungkan bagi penggunanya.


Ilustrasi keamanan jaringan solusi Fortinet Secure SD-WAN


Apa itu SD-WAN?

SD-WAN (Software Defined Wide Area Network) adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengelola Wide Area Network (WAN). Teknologi ini mengatasi berbagai masalah yang umumnya terkait dengan kinerja jaringan yang buruk, kebijakan dan postur keamanan yang tidak aman, dan lain sebagainya. Tantangan-tantangan ini sering kali dapat menghambat adopsi aplikasi berbasis cloud dan transformasi digital lainnya.

Fungsi WAN (Wide Area Network) tradisional adalah untuk menghubungkan antara pengguna di branch ke aplikasi yang dihosting di server pusat data atau database. Sayangnya, pengimplementasian SD-WAN yang tidak dilakukan secara optimal dapat menghambat kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap tuntutan bisnis yang terus berubah, terutama jika tidak menawarkan keamanan yang terintegrasi.



Bagaimana Fortinet Secure SD-WAN Menyederhanakan Keamanan Jaringan?

Berikut beberapa hal yang dilakukan Secure SD-WAN bekerja untuk menyederhanakan keamanan Jaringan


Arsitektur Zero Trust

Fortinet SD-WAN menyediakan integrasi yang mulus antara keamanan on-premise dan cloud untuk semua pengguna Fortinet. Dengan menggabungkan teknologi keamanan canggih baik di dalam jaringan on premise maupun di cloud, Fortinet Secure SD-WAN memastikan bahwa data dan informasi perusahaan tetap aman dan terlindungi dari ancaman cyber yang terus berkembang. Ini memungkinkan penerapan kebijakan keamanan yang konsisten di seluruh jaringan perusahaan, tanpa memandang lokasi pengguna atau sumber daya yang mereka akses.


Pengoperasian yang Sederhana

Fortinet Secure SD-WAN dapat mempercepat penerapan dan menyederhanakan arsitektur jaringan dengan mempromosikan transisi ke SASE dan SD-Branch. Fortinet Secure SD-WAN juga menyediakan antarmuka manajemen yang terpusat untuk mengelola seluruh jaringan, termasuk perangkat keamanan, WAN, dan LAN sehingga pengoperasian Secure SD-WAN menjadi sangat sederhana dan efektif.


Otomatisasi untuk Meningkatkan Efisiensi

Fortinet Secure SD-WAN menawarkan otomatisasi untuk tugas-tugas jaringan yang berulang atau repetitif, seperti mengatur perangkat dan mengelola kebijakan. Ini memungkinkan tim IT di perusahaan untuk lebih fokus pada tugas-tugas strategis dan meningkatkan efisiensi operasi jaringan.


Konektivitas yang Aman dan Dapat Diandalkan

Fortinet Secure SD-WAN memastikan agar koneksi tetap stabil dan aman saat beralih ke teknologi 5G Wireless WAN, serta dalam lingkungan yang terdiri dari campuran cloud dan infrastruktur tradisional. Ini bertujuan untuk melindungi jaringan dari berbagai ancaman yang terus berkembang, dengan menyediakan fitur-fitur keamanan bawaan seperti firewall generasi berikutnya, Intrusion Prevention System (IPS), dan perlindungan terhadap malware.


Peningkatan User Experience

Meningkatkan pengalaman pengguna dengan kecerdasan buatan atau AI canggih seperti AIops. Dengan bantuan teknologi ini, tim IT di perusahaan Anda akan lebih efisien dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang mungkin muncul sewaktu-waktu. Hal ini akan berdampak positif pada kinerja jaringan dan aplikasi yang digunakan.

Keuntungan Menggunakan Secure SD-WAN

Sederhananya, SD-WAN digunakan untuk untuk mengamankan jaringan, Namun, apa saja keuntungan menggunakan SD-WAN bagi bisnis? berikut adalah beberapa fungsi SD-WAN:


Pengalaman Aplikasi yang Lebih Baik

Fortinet Secure SD-WAN memungkinkan remote site untuk terhubung dengan lebih mudah ke jaringan, pusat data dan multiple-cloud dengan latensi yang lebih rendah, kinerja yang lebih baik, dan konektivitas yang lebih andal. Berdasarkan data dari fortinet, pengguna SD-WAN Fortinet mengalami peningkatan produktivitas tim IT perusahaan sebesar 50% dibandingkan dengan tidak menggunakan Secure SD-WAN Fortinet.


Meningkatkan ROI

MPLS dan teknologi konektivitas lainnya tidak hanya ketinggalan jaman, tetapi juga lebih mahal. SD-WAN secara signifikan mengurangi biaya bandwidth tetapi juga dapat membantu mengurangi total biaya modal dengan memungkinkan penggabungan berbagai titik jaringan dan produk keamanan di edge sekaligus memberikan kontrol dan kinerja yang lebih baik.


Meningkatkan Struktur Keamanan

Struktur keamanan yang ditingkatkan Solusi SD-WAN harus memiliki keamanan yang terintegrasi. Jika tidak, ini dapat menjadi sasaran empuk untuk diserang. Ketika diimplementasikan dengan benar, SD-WAN yang aman memungkinkan akses internet yang private, aman, dan langsung. Solusi SD-WAN harus bisa memastikan keamanan yang konsisten di semua sisi, dari sisi WAN yang fleksibel hingga sisi cloud. Data dari Fortinet menyebutkan bahwa SD-WAN Fortinet berhasil meningkatkan keamanan jaringannya sebesar 99%.


Bahkan, dengan menggunakan Fortinet SD-WAN yang diintegrasikan dengan FortiGate Next-Generation Firewall dapat menjaga keamanan dan ketersediaan jaringan. Keamanan yang diberikan cloud (SASE) juga dapat dimanfaatkan oleh branches dan pengguna jarak jauh.



Kesimpulan

Menggunakan Secure SD-WAN Fortinet untuk melindungi jaringan perusahaan, sama saja telah berinvestasi terhadap jaringan dan kemajuan perusahaan. Penyederhanaan yang hanya dapat dilakukan Fortinet seperti pengoperasian yang sederhana, otomatisasi terhadap tugas yang berulang dan masih banyak lainnya, serta kelebihan lain seperti konektivitas dan user experience yang lebih baik, hal-hal tersebut yang akan didapatkan jika menggunakan Fortinet Secure SD-WAN.


Konsultasi dan implementasi SD-WAN Fortinet dapat melalui Netmarks Indonesia selaku Fortinet Regional Partner APAC. Level ini menunjukkan tingkat kepercayaan dan kerja sama yang kuat antara Netmarks Indonesia dan Fortinet dalam menyediakan solusi keamanan jaringan terbaik di kawasan Asia Pasifik. Dengan menjadi mitra regional Fortinet wilayah APAC, kami siap untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi landing page Fortinet Secure SD-WAN kami atau hubungi kami melalui email di marketing@netmarks.co.id.



Source:

50 views0 comments

Comments


bottom of page